Jangan Sembarangan, Ini Cara Penggunaan AC Mobil Yang Benar

19 Jul

Jangan Sembarangan, Ini Cara Penggunaan AC Mobil Yang Benar

Cbdedge.com – Berkendara mobil pada siang hari pasti akan sangat menyiksa dengan hawa panas di dalam mobil. Namun, mobil sekarang sudah banyak yang menggunakan pendingin ruangan atau AC.

Tidak hanya ketika berkendara, hawa panas didalam mobil juga bisa dirasakan jika mobil terlalu lama diparkir di luar ruangan. Untuk menghindari hal tersebut banyak pengendara yang langsung menyalakan AC.

Akan tetapi berdasarkan penelitian yang dilakukan SEAT cara tersebut merupakan langkah yang salah karena dapat membuat pendingin dalam kendaraan ini bekerja kurang efektif.

Cara yang benar dikatakan SEAT adalah dengan membuka semua pintu dan kaca mobil dibuka terlebih dahulu agar temperatur dalam kabin turun secara perlahan. Dengan begini AC akan lebih efektif bekerja dan kenyamanan dalam kabin akan perlahan terasa.

Kemudian kesalahan lainya adalah sering mengarahan hembusan AC langsung ke muka karena sangat panasnya hawa yang dirasakan. Cara ini pun dianggap kurang tepat oleh Insinyur dari Pusat Teknik SEAT, Angel Suarez.

“Jika penumpang di baris belakang mengatakan mereka tidak bisa merasakan udara sejuk, artinya arah hembusan udaranya salah. Ini bukan perkara temperatur, tapi ke arah mana udara mengalir dalam kabin,” jelas dia.

“Arah hembusan harusnya condong ke atas, bukan ke arah muka. Maka udara akan mengalir ke sekitar interior mobil dan memberikan kesejukan pada semua penumpang secara konstan,” tambahnya.

Selain itu dia juga mengungkapkan sebaiknya AC juga tetap dinyalakan di pagi hari sekalipun udara di luar dingin untuk mencegah embun. Selain itu pemeriksaan dan membersihkan AC setiap 15 ribu atau 25 ribu km perlu dilakukan untuk menjamin kerjanya tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *