Begini Cara Mengetahui Kapan Piringan Cakram Bisa di Ganti

20 Mar

Begini Cara Mengetahui Kapan Piringan Cakram Bisa di Ganti

Cbdedge.com – Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik motor adalah habisnya pengiringan cakram, namun dalam menggangti piringan cakram ini gampang-gampang susah itu menentukan kapan tepatnya harus diganti.

Masalah lainya adalah harga yang harus dikeluarkan untuk mengganti perangkat ini. Tidak sama seperti perangkat lainya seperti seperti lampu, kampas, dan kabel gas, piringan cakram tergolong mahal.

Karena beberapa hal ini, banyak pengguna yang berfikir untuk tidak mengganti piringan cakram ini, karena pada kondisi dimana piringan cakram habis ini tidak perbedaan dengan yang masih baru.

Menanggapi masalah ini, seorang mekanik di bilangan Meruya bernama Didi memberikan informasi terkait bagaimana waktu yang tepat mengganti piringan cakram ini.

“Buat yang kurang paham, bentuknya dari samping memang kelihatan biasa saja. Tapi bisanya sudah mulai bunyi-bunyi,” tutur Didi.

Lebih lanjut, Didi mengatakan jika hal yang harus diperhatikan adalah bagian pinggir dari piringan cakram ini, karena melihat kondisi tersebut adalah salah satu cara mengetahui waktu yang pas mengganti piringan cakram dan tidak salah mengganti kampas .

“Percuma ganti kampas karena kan tetap saja tidak sepenuhnya ketemu (antara kampas dan cakram),” tuturnya dia.

Lantas gimana cara mengetahui cakram sudah habis dan waktunya diganti? Perhatikan sisi yang menjadi tempat pertemuan antara cakram dan kampas rem, yakni area sekitar 3-4 cm di pinggirannya.

Apakah bagian itu terlihat berceruk seperti huruf U lebar? Jika tidak, maka piringan cakram tidak perlu diganti. Namun jika sudah berceruk, apalagi cukup dalam, sebaiknya ganti saja. Akibatnya, rem tidak akan berfungsi maksimal dan malah berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *