Memanaskan Motor Perlukah Sesekali Menggeber Gas? Ini Penjelasannya

12 Mar

Memanaskan Motor Perlukah Sesekali Menggeber Gas? Ini Penjelasannya

Cbdedge.com – Memanaskan motor dipagi hari merupakan sebuah agenda wajib para pemilik kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Dalam memanaskan kendaraan terutama motor pasti ada sebuah tindakan yang belum tahu apa manfaatnya tetapi dilakukan yaitu satu kali atau dua kali menggeber gas.

Lantas apakah tindakan tersebut membarikan efek kepada kendaraan ketika dipanaskan?. Menjawab hal ini, Syamsuddin Haiz selaku Kepala Mekanik Bengkel AHASS Murni memberikan sebuah penjelasan.

Menutur informasi dari Syamsuddin menggeber gas ketika memanaskan motor itu bisa perlu dan tidak perlu dilakukan. Maksudnya. Jika motor masih menggunakan karburator untuk pembakaran mesinya maka menggeber gas diperlukan, akan tetapi untuk motor injeksi hal tersebut tidak perlu dilakukan.

“Untuk motor injeksi tidak perlu lagi dipanaskan lama-lama, apalagi sampai geber-geber gas. Cukup beberapa detik saja sebelum motor dijalankan,” jelasnya Syamsuddin.

Terkait hal tersebut, Syamsuddin mengatakan jika motor dengan sistem injeksi adalah hasil pengembangan teknologi yang berbeda dengan karburator. Pada sistem injeksi, kebutuhan bahan bakar diatur melalui engine control module (ECM). Sedangkan karburator masih menggunakan capacitor discharge ignition (CDI).

Engine control module (ECM) pada motor injeksi akan membuat sirkulasi kerja komponen di dalam mesin sudah langsung berjalan saat mesin dinyalakan, tanpa perlu lagi bantuan gas yang digeber oleh pengendara ketika motor dipanaskan.

“Jadi motor injeksi lebih sederhana dan praktis. Perawatan juga lebih mudah,” tutur Syamsuddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *