Bagi Para Pemudik Motor Simak Tips Menghindari Pegal Ini

24 Feb

Bagi Para Pemudik Motor Simak Tips Menghindari Pegal Ini

Cbdedge.com – Mudik merupakan kegiatan tahunan para perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Bagi para perantau yang berasal dari wilayah Pulau Jawa pastilah mudik dengan motor menjadi alternatif pilihan.

Mudik dengan motor dipilih bisa karena tidak dapat tiket bus atau kereta atau memang sengaja dipilih untuk bisa menghindari kemacatan jalan raya karena padatnya pemudik.

Namun, mudik dengan motor ini sangat banyak mendatangkan masalah seperti kehujanan, kepanasan, dan pegal-pegal. Terkait dengan masalah pegal-pegal ini biasanya paling sering dialami oleh pemudik yang menggunakan motor laki yang megharuskan kita bekerja terus menerus.

Membahas masalah pegal ketika mudik atau melakukan perjalanan jauh dengan motor laki, seorang yang tergabung dalam sebuah komunitas touring bernama Roni Blazer memberikan beberapa tips menghindari pegal ketika mudik atau perjalanan jauh.

“Posisi tangan agak sejajar dengan bahu, lengan relaks, struktur banda kita agak membungkuk mengikuti postur motor. Posisi duduk tarik ke belakang. Intinya, atur posisi duduk yang nyaman,” jelasnya.

Lebih rinci dari penjelasan Roni, maksud dari tangan agak sejajar dengan bahu adalah lebaran pada kepalan tangan sama dalam posisi yang sama dengan lebar bahu. Dengan melakukan cara ini maka kerja otot akan seimbang antara kiri dan kanan.

Tidak hanya bagian atas, bagian bawah yaitu penempatan posisi kaki juga sangat penting supaya mendapatkan kenyamanan ketika berkendara, khususnya pada bagaimana posisi kaki bertumpu.

“Kaki kudu mengepit tangki. Hingga kekuatan bertumpu pada kaki, bukan full di lengan or telapak tangan, yang akan buat kita capek saat riding,” kata Roni menjelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *