Mesin Motor Mati Karena Genangan? Ini Penjelasanya

8 Feb

Mesin Motor Mati Karena Genangan? Ini Penjelasanya

Cbdedge.com – Bagi pengendara motor musim hujan merupakan suatu gangguan baik untuk kendaraan maupun sang pengendara. Bagi pengendara musim hujan tidak akan terlalu mengganggu jalannya aktivitas, namun untuk motor musim hujan bisa menghentikan jalannya mesin.

Mengapa demikian? hujan yang turun di jalanan biasanya akan menghasilkan banyaknya genangan air dan genangan air ini bisa saja mengakibatkan motor mengalami mogok.

Menanggapi masalah ini, seorang Kepala Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok, Memet Saputra menuturkan apa yang menjadi penyebab dari mogoknya kendaraan bermotor akibat genangan air.

Memet Saputra juga menyarankan untuk tidak melintas di genangan yang permukaan airnya tidak melebihi knalpot. Namun, dibeberapa kasus motor bisa saja tetap mogok meskipun permukaan genangan yang dilintasi tidak tinggi, hal ini diungkap oleh Memet karena kepala busi yang sudah bercelah.

“Ini biasanya karena businya sebetulnya sudah harus diganti, tapi tetap dipakai sampai akhirnya kena cipratan air dan timbul induksi,” jelasnya Memet.

Genangan air yang tinggi dikatakan Memet akan membuat busi basah dan akibatnya tidak akan menghasilkan api untuk ruang pembakaran. Dan untuk busi yang kepala sudah terbelah Memet menghimbau supaya cepat diganti.

Selain busi, Memet juga mengatakan perlunya untuk memeriksa filter udara. Tindakan ini diperlukan guna mendapatkan kesiapan yang sebenarnya dari mesin motor untuk digunakan.

“Kalau genangan air yang dilewatin tidak sampai ke mesin, oli masih belum tercampur. Jadi kalau mesin dihidupkan lagi tidak masalah,” jelasnya Memet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *