Sebelum Merawatnya, Ketahui Juga Penyebab Dari Rem Blong

5 Feb

Sebelum Merawatnya, Ketahui Juga Penyebab Dari Rem Blong

Cbdedge.com – Rem merupakan perangkat penting pada setiap kendaraan, kehadiran rem sendiri sangat dibutuhkan untuk memperlambat laju dari kendaraan seperti motor, mobil dan lainya.

Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu merawatnya secara berkala dan menjaga kinerja baik dari rem ini karena jika rem tidak dirawat secara berkala maka bisa blong atau tidak berfungsi.

Rem blong dalam kendaraan akan sangat membayakan banyak sekali kasus kecelakaan dijalan raya yang diakibatkan oleh tidak berfungsinya rem atau biasa disebut blong.

Kendati sudah melakukan perawatan, namun kita juga harus tahu apa yang menjadi penyebab rem bisa blong. Menjawab pertanyaan ini seorang pemilik Bengkel Dunia Usaha Motor yang bernama David memberikan jawabanya.

“Biasanya disebabkan karena friction atau pergesekan material atau kampas rem yang overheat, sehingga koefisien friction menurun,” kata David

Lebih dari itu, pelumas rem yang juga kelewat panas atau overheat juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, dan penyebab lainnya dari rem blog dikatakan David masih ada.

“Bisa jadi karena slider macet, piston macet, tekanan hidraulis tidak turun kembali, dan sliding area pad macet, merupakan sebagian sumber penyebabnya,” jelasbya David

Adapun penyebab utama dari semua itu adalah karena pemilik kendaraan yang malas membersihkan atau merawat rem saja. Waktu kontrol berkala rem biasanya 10.000 km sekali, karena perhitungan menggunakan hitungan bulan tidaklah akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *