Apakah Bahaya Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa? Berikut Penjelasannya

22 Jan

Apakah Bahaya Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa? Berikut Penjelasannya

Cbdedge.com – Dalam menambahkan tekanan angin pada ban kendaraan terdapat dua jenis pengisian angin yaitu pengisian angin bersifat biasa dan pengisian angin nitrogen. Dan pada pengisian angin jenis nitrogen harus diperlukannya sebuah alat khusus dan hal ini yang membuat pengisian dengan nitrogen terkesan sulit.

Tidak hanya itu, pengisian jenis nitrogen jumlahnya juga tidak terlalu banyak, lalu terpaksa ban diisi dengan angin biasa. Lalu bagaimana eheknya jika ban yang sudah di isi dengan nitrogen lalu ditambahkan dengan angin biasa. Apakah akan membahayakan?

Menanggapi rasa penasaran tersebut, seorang owner bengkel ban, Spooring, dan Balancing Victory Auto Sport di daerah Tangerang Selatan yang bernama Abeng memberikan jawaban terkait masalah itu.

Menurut Abeng melakukan pencampuran nitrogen dan angin biasa tidak akan menimbulkan bahaya kepada ban, hal ini dikarenakan nitrogen dan udara biasa sama-sama bisa memenuhi tekanan ban.

“Dicampur sebenarnya tidak apa-apa, namun, kita tidak akan merasakan efek maksimal dari angin nitrogen tersebut,” jelasnya Abeng.

Jika dibandingkan antara pengisian jenis nitrogen dengan angin biasa, tentu pengisian jenis nitrogen lebih unggul, hal ini karena ban yang diisi dengan nitrogen akan memiliki tekanan yang stabil dan tekanan stabil itu bertahan lebih lama ketimbang udara yang mengalami penyusutan dan membuat uap air lebih cepat.

Abeng juga menambahkan, untuk melakukan pengisian ban baik dengan nitrogen atau dengan angin biasa selalu utamakan untuk menyesuaikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan.

“Berbeda jenis angin hanya memiliki perbedaan karakter saja. Yang paling utama adalah tekanan angin ban yang sesuai dengan anjuran pabrik,” jelasnya Abeng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *