Bergonta-ganti Merek Oli Dapat Merusak Mesin Mobil

4 Jan

Bergonta-ganti Merek Oli Dapat Merusak Mesin Mobil

Cbdedge.com – Bagi para pengguna kendaraan berjenis mobil tentulah untuk biaya perawatanya tidak bisa dibilang murah. Sering kali kita berniat untuk menghemat pengeluaran biaya perawatan dengan melukakan sebuah terobosan tanpa megetahui dampak buruknya untuk mobil itu sendiri.

Ada berbagai macam terobosan yang dilakukan oleh para pemilik yang belum tentu aman untuk kondisi mobil, seperti halnya melakukan pergantian oli dari merek yang biasa dipakai ke merek lain yang memiliki harga lebih terjangkau atau bahkan mencampurnya.

Menanggapi perilaku tidak baik dari para pemilik mobil ini, Head Mechanic di bengkel AHT Garage, Arkadia Prajatma menjelaskan jika semua itu salah dan berakibat fatal bagi kondisi mesin mobil.

“Mungkin buat beberapa orang oli itu kalau dicampur akan lebih hemat atau bagaimana. Tapi sebenarnya kalau oli itu dicampur kemungkinan menyebabkan reaksi kimia yang merugikan, tutur Arkadia yang piawai membangun mobil balap.

“Kedua oli itu kan punya kandungan kimia dengan formula yang kita tidak tahu secara spesifik. Ada kemungkinan reaksi apa kita juga tidak tahu. Zat aditifnya berbeda,” imbuhnya pria yang akrab dipanggil Arki ini.

Berbagai masalah yang bisa terjadi jika pemilik melakukan pencampuran oli adalah rusaknya mesin dan dapat menyebabkan kemacetan pada mesin mobil, pergantian atau pencampuran oli akan menimbulkan sebuah reaksi kimia berbahaya seperti penumpukan lumpur yang terbentuk dari percampuran oli tersebut. Untuk itu kita sebagai pemilik harus lebih sadar akan resiko yang dapat dihadapi jika berniat untuk menghemat biaya perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *