Ingin Punya Setir Mobil Awet, Jangan Lakukan Ini

30 Dec

Ingin Punya Setir Mobil Awet, Jangan Lakukan Ini

Cbdedge.com – Setir mobil merupakan perangkat penting bagi sebuah kendaraan jenis mobil, setir yang berfungsi sebagai pengendali arah untuk jalanya mobil haruslah bisa nyaman untuk digunakan, setir mobil biasanya dilapisi oleh bahan kulit maupun karet agar pengemudi dapat menggenggamnya dengan nikmat.

Banyak yang mengngangap rusak atau lepasnya karet lapisan pada setir mobil sebagai masalah yang sepele, jadi mereka kurang memperhatikannya. Lepas dan rusaknya karet pada setir mobil biasanya dipicu oleh lamanya usia pemakaian, bagian luar setir menjadi kusam bahkan rusak. Bahkan bisa saja terjadi dalam waktu yang singkat.

Pemilik bengkel interior mobil Lederwerks, Stefanus menjelaskan bahwa pemakaian karet pada setir mobil memiliki jangka waktu tertentu dalam pemakaiannya.

“Banyak sekali karet atau kulit pembungkus setir rusak. Biasanya, mobil yang sering digunakan, setirnya belel. Sebenarnya setir mobil juga ada umurnya,” tutur Aan selaku pemilik bengkel di kawasan BSD, Tangerang Selatan tersebut.

Stefanus atau yang biasanya akrab dipanggil Aan juga memberitahu pemicu umum yang membuat setir mobil cepat rusak. Menurutnya keringat yang keluar dari telapak tangan kita saat menggenggam setir mobil menjadi salah satu pemicunya, air keringat yang menempel pada setir akan tertumpuk dilapisan luar setir mobil.

“Sebaiknya jika kalau mau nyetir, tangan harus dalam keadaan kering, jika berkeringat harus dilap terlebih dahulu,” imbuhnya Aan.

Cincin juga jadi penyebab lain dari kesrusakan setir mobil, cincin yang dipakai pada jari tangan akan memberikan goresan kepada setir ketika berkendara.

“Cincin juga bisa ngerusak permukaan setir, jika mau setir lebih awet, hindari tangan berkeringat dan pemakaian cincin di tangan,” kata Aan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *