Perbedaan Kemacetan Di Jepang Dan Indonesia

2 Nov

Perbedaan Kemacetan Di Jepang Dan Indonesia

Cbdedge.com – Di negara sakura sudah sangat terkenal dan tersohor dengan para warga negaranya yang begitu mentaati seluruh peratiran yang sudah ditetapkan oleh pemerintahan disana. Begitu juga dengan perturan soal berkendara di Jeoang yang dikenal begitu ketat namun seluruh warga juga mampu mentaati peraturan yang diberlakukan.

Tidak seperti di negara kita Indonesia. Hampir semua orang berlomba-lomba untuk melanggar peraturan yang sudah tertulis jelas untuk bisa dilaksanakan dengan baik. Namun dengan peraturan yang memang sudah diberlakukan di Jepang bukan berarti di Jepang juga bebas dengan kemacetan yah.

Pada beberapa waktu juga tepatnya di daerah Tokyo pernah terjadi kemacetan namun tidak separah di Jakarta. Pada saat macet pun, warga Jepang tetap tertib tidak ada yang saling serobot di jalanan. Di Indonesia, misalnya, sering kita lihat jika pengendara ingin keluar tol, mereka mengambil jalur kanan dulu baru menyelak antrean di ujungnya. Tidak dengan Jepang, mereka tertib mengantre tanpa menyerobot jalur kiri dan menyelak antrean.

Mereka dengan sabar mengantre. Padahal, jalur sisi kiri kosong tak ada kendaraan. Budaya antre ini sudah mendarah daging di warga Jepang. Bahkan, kata Ping Tjuan, pemandu wisata selama perjalanan Toyota Tokyo Motor Show Trip 2017, orang Jepang suka mengantre.

“Jepang adalah salah satu negara yang warganya selalu tertib antre. Semua mau antre, sabar, dan sesuai aturan,” ujar pria yang akrab disapa Ping-san.

Pemandangan yang terlihat sangat berbeda jauh dengan yang ada di Jakarta. Bahkan di Indonesia, ketika pintu keluar tol macet, pengendara malah mengambil jalur kanan dulu, sesampainya di ujung baru menyelak antrean berbelok ke kiri untuk keluar tol. Kebiasaan seperti itu kerap kali menimbulkan macet. Pengendara di Indonesia pun masih ada yang suka berjalan di bahu jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *