Pandangan CEO Toyota Terhadap Mobil Otonom

14 Oct

Pandangan CEO Toyota Terhadap Mobil Otonom

Cbdedge.com – Salah satu orang penting di Toyota yakni CEO Toyota Akio Toyoda merupkan orang yang punya hobi ngebut pada saat mengendarai mobilnya sendiri. Dengan alasan hobinya tersebut, dia mengungkapkan pendapatnya jika mobil tanpa sopir adalah suatu hal yang sangat membosankan.

Pengungkapan tersebut disampaikan pada awal. Namun, ada seseorang yang berhasil menghapus pemikiran Toyoda sehingga merubah pandangannya terhadap mobil otonom.

“Sebagai orang yang suka mobil saya awalnya tidak tertarik dengan mobil otonom (tanpa sopir). Malah menurut saya mobil itu membosankan, saya tidak tertarik dalam mengubah mobil menjadi komoditas yang tidak punya jiwa,” ujarnya.

Pertemuan dengan atlet paralimpik Jepang, Miki Matheson yang meraih 3 medali emas, mengubah pandangannya. Miki harus duduk di kursi roda setelah mengalami kecelakaan mobil puluhan tahun lalu.

“Saat bertemu dengan Miki Matheson saat itu saya sadar, bagaimana pentingnya mobil otonom. Mobil otonom bisa meningkatkan kualitas hidup orang dan mungkin bisa mengurangi kecelakaan,” ujar Toyoda. Orang kedua yang berhasil mengubah pandangan Toyoda dengan mobil otonom adalah CEO Toyota Research Institue Gill Pratt.

“Saat pertama kali bertemu, orang itu sangat tinggi,” ujar Toyoda sambil tersenyum.

Pratt merupakan seorang profesor di bidang kecederdasan buatan dan robotik. “Dalam pertemuan pertama dia mengatakan, dia melihat temannya tewas dalam kecelakaan. Dan dia ingin membuat kecelakaan itu menjadi hal yang hanya ditemui di masa lalu,” ujar Toyoda. Toyota ingin mobil otonom tidak hanya sebagai pengganti sopir, tetapi malah meningkatkan kualitas pengendara. “Jika Anda yakin mobil akan melindungi Anda,” ujar Toyoda.

Toyota, sudah mengucurkan dana hingga US$ 1 miliar untuk dapat mendirikan pusat penelitian mobil otonom Toyota Research Institute (TRI) dengan bantuan dari universitas ternama di Amerika seperti MIT dan Standford.

“TRI akan membantu kami dalam balapan mobil otonom. Dan kami ingin meyakinkan dalam satu hal yakni safety first,” ujar Toyoda menekankan pentingnya keselamatan sebuah mobil otonom kepada para investor Toyota di Texas, Amerika Serikat.

Toyota akan memamerkan sistem teknologi mobil otonom terbaru dalam Olimpiade di Tokyo tahun 2020 mendatang. Kabarnya para atlet Olimpiade akan jalan-jalan dengan mobil otonom di Tokyo dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *