Pihak Jasa Marga Dukung Pembayaran Tol Secara Elektronik

28 Sep

Pihak Jasa Marga Dukung Pembayaran Tol Secara Elektronik

Cbdedge.com – Dinas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek menyampaikan penilaian terkait sistem elektroknik yang diharapkan akan lebih efisien dan juga praktis dibandingkan dengan menggunakan transaksi manual atau tunai menggunakan uang pas.

Dilihat dari beberapa kajian perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, waktu yang terpotong relatif lebih banyak dengan menggunakan metode tersebut bisa berkurang dari 4 hingga lima detik lamanya transaksi.

Deputi General Manager Traffic Management cabang Jakarta-Cikampek, Cece Kosasih mengatakan, pembayaran manual bisa memakan waktu selama 6 detik dalam sistem terbuka. Sedangkan sistem tertutup bisa mencapai 9 detik di ruas tol.

“Sementara bila menggunakan transaksi elektronik, waktu yang dibutuhkan hanya 2 sampai 4 detik saja dalam sistem terbuka maupun tertutup,” ujar Cece di kantornya, Selasa (19/9/2017).

Cece yakin, transaksi elektronik ini bisa mengular kepadatan kendaraan yang rawan terjadi di gerbang tol. Dengan begitu, pengguna tol akan semakin nyaman melintasi ruas tol setempat.

“Tujuan kami menerapkan sistem ini untuk meningkatkan pelayanan, sehingga pengendara lebih cepat bertransaksi,” kata Cece.

Menurut dia, ada dua sistem di ruas tol Jakarta-Cikampek, yaitu terbuka dan tertutup. Dikatakan secara terbuka, pengendara diwajibkan membayar transaksi di gerbang masuk tol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *