Pembayaran Tol Elektronik Resmi Diberlakukan Di 95 GTO

26 Sep

Pembayaran Tol Elektronik Resmi Diberlakukan Di 95 GTO

Cbdedge.com – Rencana sistem pembayaran dengan cara non-tunai akan segera diberlakukan di seluruh gerbang ruas tol oleh pihak Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek. Hingga kini, sebanyak 95 Gerbang Tol Otomatis (GTO) yang sudah resmi menerapkan sistem pembayaran secara elektronik.

Sementara dengan sisanya, ada sebanyak 88 gardu hingga saat ini masih menggunakan sistem pembayaran manual atau pembayaran dengan menggunakan uang tunai.

Deputi General Manager Traffic Management cabang Jakarta-Cikampek, Cece Kosasih mengatakan, akhir Oktober mendatang seluruh gardu bakal menerapkan sistem pembayaran elektronik.

Dirinya berharap, masyarakat untuk segera membuat kartu elektronik yang disediakan oleh empat bank milik pemerintah dan satu bank milik swasta.

Beberapa bank yang bekerja sama dalam menyediakan kartu elektronik tersebut diantaranya BTN, Mandiri, BNI dan BRI. Sementara bank swasta adalah BCA.

“Untuk Flazz (BCA) hanya berlaku pada transaksi dengan sistem tertutup, yaitu dimulai dari GT Cikarang Utama menuju Cileunyi dan Cikampek serta sebaliknya,” kata Cece di kantornya, Selasa (19/9).

Cece mengatakan, pihaknya telah melakukan pengondisian dengan merubah metode pembayaran itu di gerbang tol Pondokgede Timur 2 dan Tambun. Kedua gerbang yang menerapkan sistem pembayaran di GTO ini dilakukan bagi kendaraan yang mengarah ke Jakarta. “Pengondisian gerbang itu dilakukan sejak 17 September kemarin,” ujarnya.

Cece mengatakan, penerapan sistem ini dilakukan secara bertahap. Tujuannya agar pengguna jalan tol bisa mempersingkat antrean di ruas tol. Berdasarkan pengalaman, kepadatan di ruas tol ini kerap terjadi akibat adanya transaksi manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *