Transaksi OBU Lebih Menyingkat Waktu Dibandingkan Dengan E-Toll

7 Sep

Transaksi OBU Lebih Menyingkat Waktu Dibandingkan Dengan E-Toll

Cbdedge.com – Pemerintah saat ini sedang mempunyai PR yang besar. Tugas pemerintah saat ini yakni berusaha mendorong kepada masyarakat luas untuk mau beralih dengan menggunakan transaksi non tunai di gerbang tol. Waktu yang ditargetkan mulai 31 Oktober 2017 ini keseluruhan gerbang tol tidak akan lagi melayani pembayaran secara tunai.

Cara yang diambil oleh pemerintah yaitu salah satu dengan menerapkan pembayaran tol dengan berbasis On Board Unit (OBU). Pengemudi kendaraan pribadi dan umum tidak perlu lagi buka kaca untuk membayar uang masuk tol.

Aebanyak tiga BUMN yakni Telkom Indonesia, Jasa Marga, dan Perum Damri bersinergi meluncurkan Jasa Marga Access OBU. Pada ujicoba yang sudah dilakukan pada bus milik Damri sudah dipasangi OBU.

Transaksi OBU memang disinyalir cukup memotong waktu dan relatif cepat. Pengemudi tidak perlu berlama-lama di dalam gerbang tol. Antrian di dalam gerbang tol pun menjadi berkurang drastis. Pasalnya sang supir tidak perlu lagi repot mengeluarkan uang tunai.

Hal menarik lainnya saat menggunakan OBU, sang pengemudi tidak perlu repot-repot membuka kaca. Karena pemandangan tersebut masih terjadi saat menggunakan pembayaran kartu elektronik.

Pada saat bus Damri memasuki gerbang tol, mereka cukup melewati sensor saja. Setelah dilihat menggunakan sistem OBU, gerbang tol langsung dibuka otomatis tanpa perlu memakai penjaga. Kepala Badan Pengatur Jalan (BPJT) Herry TZ, menegaskan transaksi menggunakan OBU lebih cepat dari pada e-toll. Bahkan kata Herry hanya butuh 1 detik untuk melakukan transaksi di gerbang tol.

“Kalau barrier (gerbang) hilang waktunya bisa lebih cepat lagi karena tinggal jalan seperti biasa,” ujar Herry di Kantor JM GT Kapuk, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Untuk diketahui OBU merupakan alat sensor yang dipasang pada kendaraan yang terregistrasi dan memiliki saldo secara online yang tersimpan di sistem database. Sistem secara otomatis akan memotong deposit saldo OBU milik pengguna jalan saat melewati gerbang/gardu tol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *