Ciri-ciri Kampas Rem Habis dan Harus Diganti

20 Mar

Ciri-ciri Kampas Rem Habis dan Harus Diganti

 

Cbdedge.com – Kampas rem merupakan komponen yang sangat penting dalam berkendra, bisa juga dibilang nyawa kita saat berkendara. Mengapa? Bayangkan saja jika Anda berkendara namun kampas rem habis apa yang akan terjadi? Tentu akan berakibat fatal bukan? Tidak hanya itu, kampas rem yang tidak didukung dengan piranti yang bagus tentu juga akan membuat pengendara mobil merasa kurang nyaman.

Selain kualitas dari kampas rem, pengendara mobil juga sebaiknya mengetahui usia dari kampas rem tersebut. Tidak hanya membahayakan keselamatan Anda jika menggunakan kendaraan dengan kampas rem yang habis, namun ternyata juga bisa merusak komponen lainnya seperti cakram rem. Untuk itu berikut ciri-ciri yang dapat Anda deteksi sendiri jika kampas rem habis dan memang harus diganti.

Ciri-ciri Kampas Rem Habis dan Harus Diganti

Tingkat Kedalaman Rem

Langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan merasakan tingkat kedalaman rem tersebut, jika dirasa pijakan atau tarikan rem sudah dalam atau jauh hal ini menandakan bahwa kampas rem memang sudah harus diganti atau sudah aus.

Rem Akan Terasa Bergetar

Bagi para pengendara mobil pasti sering merasakan hal ini namun mengabaikannya, ketika Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba menginjakkan rem sementara pedal terasa bergetar hal ini berarti kampas rem sudah hampir habis dan harus dilakukan penggantian.

Terdapat Suara Saat Pengereman

Ciri selanjutnya yaitu Anda bisa mendeteksinya melalui suara yang muncul saat Anda melakukan pengeraman terdengar seperti suara gesekan logam. Hal ini dikarenakan kampas rem yang habis akan menyisakan bagian pada besinya saja, dengan demikian akan terjadi gesekan antara logam dengan logam dan menimbulkan bunyi.

Minyak Rem Turun

Ciri-ciri kampas rem habis dan harus diganti yaitu dengan memeriksa pada minyak rem yang terdapat pada kap mobil.

Ketika Anda menjumpai minyak rem turun ini bukan menandakan bahwa terjadi kebocoran namun bisa juga Anda waspada akan kampas rem yang hampir habis. Ketika Anda menjumpai kasus ini maka sebaiknya segera bergegas untuk membawa kebengkel agar segera dilakukan pengecekan pada rem mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *